Skip to main content

Jelajah Budaya Bumi Papua


Papua Nan Elok, Papua Nan Kaya

Papua adalah bagian dari wilayah negara Indonesia yang kaya akan keindahan alam, budaya, adat istiadat dan sumber daya alam yang sangat melimpah. Banyak hal yang bisa di pelajari dari keindahan Papua. Itulah sebabnya saya ingin sekali menginjakan kaki saya di tanah Papua, untuk melihat dan pelajari budayanya secara langsung.

            Saya ingin sekali mempelajari dan melihat langsung salah satu budaya di Papua yaitu, “Tari Selamat Datang”. Tari selamat datang adalah tari yang mempertunjukkan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati. Tentu sangat menyenangkan bukan, bisa mempelajri tarian.

Tari Selamat Datang
     Hal yang menarik juga bentuk rumah di setiap suku yang berada di Papua, tidak seperti rumah pada umumnya yang kita lihat di kota namun rumah tersebut memiliki bentuk yang unik, biasa disebut dengan “Honai”. Honai merupakan rumah adat Papua yang dihuni oleh suku Dani. Rumah tersebut terdiri dari dua lantai yaitu lantai pertama sebagai tempat tidur dan lantai kedua untuk tempat bersantai, makan dan mengerjakan kerajinan tangan. Pintu Honai amat kecil, tanpa jendela dan atapnya terbuat dari rumput lalang.

Rumah Adat Suku Papua, Rumah Honai
       Selain saya ingin mempelajari budaya, tentu saya ingin menyicipi makanan khas dari Papua yang sebagian besar terbuat dari Sagu. Salah satu yang sangat terkenal dan menjadi makanan pokok yaitu “Papeda”. Papeda memiliki tekstur yang lengket dan kental, papeda haruslah dikombinasikan dengan lauk-pauk berkuah, seperti kuah ikan kuning. Tidak hanya bertujuan untuk memberi rasa asam dan gurih pada rasa tawar yang diciptakan dari sagu pada papeda, melainkan agar papeda yang lengket tersebut dapat terputus dengan cara dibasahi menggunakan kuah ikan. Uniknya, cara makan papeda dengan kuah ikan kuning ini menggunakan hanya 3 jari saja yang berguna untuk memutuskan papeda yang lengket tersebut.
Papeda dan Kuah Ikan Kuning
            Jika mengunjuki Papua saya tidak akan melewatkan keindahan alam yang luar biasa dan eksotis serta terkenal hingga mancanegara yaitu, “Kepulauan Raja Ampat” di Papua Barat. Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Sulawati dan Pulau Batanta. Tempat ini memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan dan menjadi destinasi para penyelam kelas dunia.

Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat
   Beragam aktivitas yang akan saya lakukan disana tentunya mulai dari diving, snorkeling, memancing, berlayar, naik perahu hingga wisata kuliner. Pasti sangat menyenangkan. Saya ingin sekali menyelam tentu merupakan suatu aktivitas yang menantang dan menarik, apalagi jika bisa melihat ikan pari, penyu dan juga terumbu karang warna-warni jauh lebih dekat.

            Pasti merupakan hal yang menyenangkan jika mimpi saya untuk bisa mengunjungi dan mempelajari kebudayaan di Papua bisa menjadi kenyataan. Apalagi jika bisa mendapatkan tiket pesawat gratis dari Airpaz.com. Saya dapat bertemu dengan masyarakat Papua yang ramah menyambut dengan hangat dan penuh kegembiraan.


Jika saya mendapatkan tiket pesawat gratis dari Airpaz, saya akan terbang dengan penerbangan yang direct dan sampai di pagi hari menggunakan maskapai Lion Air. Jadi saya bisa menikmati suasana pagi di tanah Papua dan langsung berjelajah! I'm ready for Papua!!

Comments

  1. Kak cara ikutnya kaya gmn, dan lomba blognya temanya apa? Dibales ya kak makasihhh

    ReplyDelete
  2. Kak harus tulis tentang papua aja atau bisa daerah lain?

    ReplyDelete
  3. Papua sangat eksotis! Jadi pengen ke Raja Ampat gara-gara terinspirasi baca blog ini.

    ReplyDelete
  4. Wah baru tau booking tiket pesawar di airpaz banyak promonya

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tempat Ngopi Terfavorit, Anomali Coffee Senopati

Hooola! Bahas tentang coffee shop , banyak yang tanya soal coffee shop  di Jakarta yang jadi favorit aku. Biasanya suka jadi tempat nongkrong dan kerjain tugas sama temen-temen kampus, Salah satu favorit aku adalah Anomali Coffee Senopati, alamatnya di Jalan Senopati No. 9 Jakarta Selatan. Tempatnya nyaman, wifi nya cukup kencang, service nya juga bagus dan banyak pilihan makanan dan minuman nya dari coffee, tea or juice . Salah satu menu favorit aku Aglio E Olio Tuna (50k) dan Hot Cappuccino (35k). Porsinya cukup banyak dan mengenyangkan menurutku, bisa request kalo kamu mau yang lebih pedas. Untuk Hot Cappuccino enak banget kopi yang di pakai tidak terlalu kuat jadi aman buat kamu yang asam lambungnya cepat naik karena minum kopi. Aglio E olio Tuna Hot Cappuccino Over all Anomali Coffee Senopati bisa jadi rekomendasi buat kamu dan teman-teman yang mau cari tempat nongkrong sambil kerjain tugas. Nah sekarang, apa coffee shop favorit kalian dan teman-teman?

Ada yang baru nih di Kemang, HONU Poke & Matcha Bar

Hola! Buat yang suka nongkrong atau cobain makanan yang baru di daerah Kemang, wajib banget nih cobain HONU Poke & Matcha Bar yang ada di Jalan Kemang Selatan Raya no. 125 Disana aku pesen Grilled Chicken Bowl ukuran reguler (75k) dan Ice Matcha Latte  (35k). Menurut aku   Grilled Chicken Bowl nya enak banget karna grill chicken nya yang gurih di campur salad yang isinya selada, wortel, mentimun dan daun bawang ditambah sausnya yang bikin seger plus nasi jadi sangat mengenyangkan dan sehat. Ice Matcha Latte nya juga super enak karna 100% organik di import langsung dari Kagoshima, Jepang loh! Aku sampe lupa photo Ice Matcha Latte nya karna super enak jadi keburu habis. 😅 Grilled Chicken Bowl Over all , Grilled Chicken Bowl dan Ice Matcha Latte nya wajib banget kamu coba! Kalo kamu udah coba dan pesan menu yang enak lainnya di HONU Poke & Matcha Bar boleh banget share di Instagram dan tag ke aku (@dessyjuliana). Thank you buat temen-temen yang

Es Krim Legenda, Ragusa Es Italia

Hola! Kali ini aku akan bahas soal es krim nih, salah satu yang terkenal di Jakarta dan udah jadi legenda yaitu "Ragusa Es Italia" yang ada di Jakarta sejak 1932. Dengan bahan dasar susu sapi segar dan tekstur es krim yang lembut tanpa pengawet tentunya. Banyak pilihan rasa dari mocca, vanilla, coklat, strawberry, nougat, durian dan raisin. Yang paling banyak di pesat adalah banana split dan spaghetti ice cream yang harganya Rp 35.000 Ragusa Es Italia ini berada di Jl. Veteran I No. 10, Gambir, Jakarta Pusat. Kalian harus datang dan coba es krim yang udah jadi legenda di Jakarta ya! Jangan lupa tag instagramku (@dessyjuliana) kalo kalian udah coba es krim Ragusa ini. Thank you buat temen-temen yang sudah membaca & jangan lupa comment ya! Love, Dessy.